5 (Lima) Keuntungan Dari Menjaga Kualitas Ibadah

  • Bagikan
Menjaga kualitas ibadah
Menjaga kualitas ibadah

Salah satu aset terbesar dan termahal yang di miliki oleh orang-orang yang beriman adalah mengenal Allah subhanahu wata’ala. Sekecil apapun, walau berupa lintasan hati, sungguh itu merupakan sebuah keimanan apalagi mengucapkan dengan lisan yaitu memujinya dan beristigfar pada-Nya.

Oleh karena itu, ciri orang yang telah mengenal Allah dengan sebaik-baiknya adalah dia tidak takut dan sedih dengan urusan duniawi. Kita bisa mengukur sejauh mana kualitas kita mengenal Allah. Salah satu ciri orang yang mengenal Allah adalah selalu menjaga kualitas ibadahnya.

Orang yang selalu menjaga kualitas ibadahnya adalah dia yang selalu mengingat kewajiban-kewajiban yang telah Allah subhanallahu wa ta’ala perintahkan padanya lalu ia mengerjakannya. Kewajiban utama yang paling penting yaitu adalah Shalat 5 waktu, terkhusus bagi seorang laki-laki yaitu berjama’ah di mesjid dan bagi perempuan yaitu di rumah.

Shalat merupakan amalan utama yang akan pertama dihisab oleh Allah pada hari kiamat. Orang yang meremehkan shalat maka akan merugikan dirinya di dunia dan di akhirat.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
() فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَ () الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَ
“Maka celakalah orang yang shalat. (yaitu) orang yang lalai terhadap Salatnya”
(QS. Al-Ma’un: 4-5)
Selama kita menjaga shalat dengan tepat waktu,dan sungguh-sungguh serta ikhlas dalam menjalankannya, Allah akan memberikan pahala kepada kita dan mendapatkan berkah dalam hidup kita.

Banyak manfaat yang akan didapatkan jika kita selalu menjaga ibadah kita dengan benar. Adapun terjaganya ibadah akan mendatangkan keuntungan hidup yang tidak bisa dibeli dengan kekuasaan, uang, pangkat, jabatan atau popularitas.

Apa saja keuntungannya ketika seseorang selalu menjada ibadahnya dengan benar?

1. Allah berikan petunjuk yang benar untuk menuntun kehidupannya.

Tuntunan hidup kepada jalan kebenaran, tidak serta merta hadir bagi orang yang bermalas-malasan. Oleh karenanya, setiap muslim hendaknya selalu mengusahakan meniti jalan kebenaran melalui ikhtiar menyempurnakan ibadahnya.

2. Allah berikan kemudahan dalam setiap urusannya.

Allah akan senantiasa memberikan kemudahan kepada hambaNya, selama hambanya selalu berhusnudzan kepadaNya.

3. Allah akan memberikan ketenangan dalam hidupnya.

Tenang itu mahal harganya. Ketenanggan tidak bisa dibeli dengan uang. Apapun yang kita miliki, tidak akan pernah kita nikmati bila kita selalu resah dan gelisah.

4. Mendapat perlindungan dari maksiat.

Bagi muslim yang mukmin, setiap kali ia akan melakukan maksiat, maka Allah akan memberikan peringatan padanya agar ia tidak terjerumus dalam kemaksiatan. Demikian karena seorang ahli ibadah akan senantiasa bertaubat.

5. Seorang ahli ibadah akan memiliki kekuatan ruhiyah dalam dirinya.

Bukanlah suatu keanehan, ketika kita melihat para ahli ibadah, maka selalu  memancarkan cahaya kewibaan  dari dirinya. Tutur katanya penuh hikmah dan tindakannya selalu tepat dalam mengambil keputsan.

Saudaraku, oleh karena itu,  mari kita senantiasa menjaga kualitas ibadah kita, menjaga shalat kita, meningkatkan puasa kita, menjaga perbuatan kita dari kemaksiatan dan menjaga keikhlasan kita untuk beribadah kepadaNya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Translate »